Bisnis Gua Banget nih
![]() |
Sumber : www.soocaphoto.com |
Assalamualaikum Guys. Gimana kabar kalian hari ini? semoga baik-baik aja ya. Kali ini gua bakal memberikan materi mengenai penjabaran dari ide bisnis yang gua jelasin pada materi kemarin. Nah bagi kalian yang belum baca materi kemarin mungkin akan cukup sulit ya buat dapetin ide-ide bisnis. Gua hanya menyarankan sebelum kalian membaca artikel ini baca terlebih dahulu Bingung Cari Ide bisnis : Ini Solusinya agar kalian benar-benar paham mengenai materi kali ini. Di kesempatan kali ini gua akan menjelaskan secara rinci bagaimana cara mengembangkan bisnis gua menggunakan business model canvas. Yukk langsung aja ke materi,
Baca juga : Business Model Canvas : Langkah Awal Sebagai Penentu Bisnis
Gua akan menggunakan sumber ide bisnis hobi sebagai inti pokok dari materi ini. Sedikit mengulas materi kemarin bahwa ide bisnis dari hobi bisa kalian dapat dari sesuatu yang sering kalian lakukan sehari-hari. Ketika kalian mempunyai hobi yang menarik dan bisa menjadi usaha maka itu merupakan sebuah hal yang sangat baik. Karena kalian pasti akan menyukai bisnis kalian karena itu hobi kalian sob. Kalian pasti akan lebih serius dan telaten pastinya untuk membangun bisnis tersebut.
Contoh nya : Gua hobi dalam fotoghrapher, nah dari hobi tersebut akhirnya gua membuat sebuah usaha fotoghrapher. Gua mengambil semua aspek dan gua jadiin sebagai usaha seperti wedding photoghrapher, event, brand, model dan semuanya. Kenapa gua bilang semuanya karena gua disini bekerja sekaligus mencari pengalaman baru sebelum gua menetapkan gua fokus di titik yang mana.
Still Better Production inilah nama jasa gua. Gua bergerak di bidang photography apapun ya, jadi kalau ada yang menyewa jasa gua untuk melakukan segala bentuk pemotretan gua bersama teman gua siap selalu.
Team sendiri gua bekerja sama dengan teman-teman gua yang mempunyai visi -misi yang sama, jadi di pengorganisasian jasa tersbut tidak ada yang namanya bos, semuanya di samaratakan yang membedakan mungkin hanya jobdesk nya saja. Seperti ada yang bagian photo, video, dan marketing. Semua nya di kemas se-sederhana mungkin. Melihat kita semua masih sebagai pemula dalam berbisnis.
Pemasaran kita lakukan dengan menggunakan media sosial seperti Instagram dan Facebook. Karena dengan platform tersebut paling banyak diminati oleh masyarakat kita. Di zaman sekarang ini mungkin semua orang sudah mempunyai Instagram maka dari itu kami membuat sebuah wadah pada platform tersebut semenarik mungkin sehingga dapat menarik siapa saja yang melihat platform tersebut. Selain dari media sosial kita juga melakukan pendekatan dengan orang-orang penting dari daerah tempat kita, guna mencari channel sebanyak mungkin dan supaya jasa kita dapat dikenal secara lebih cepat.
Untuk masalah keuangan mungkin agak susah ya teman-teman mengingat harga peralatan yang mahal dan harga sewa alat juga masih di atas rata-rata. Hal tersebut terkadang membuat kita bimbang dalam menjalani usaha tersebut. Namun jika kita benar-benar berfikir ternyata dengan alat seadanya saja bagaimana menghasilkan uang. Jangan sampai kita memikirkan uang tapi belum mulai berusaha disini intinya berusaha dulu biar dapat uang bgitu gaes.
Mengenai Business Model Canvas yang gua jelasin di atas gua singkat BMC aja ya biar gampang. BMC biasanya di buat untuk mengukur apakah bisnis yang lu buat bisa bertahan atau gak. Intinya bagi pengusaha pemula lu harus belajar dulu mengenai BMC tersebut. Ini beberapa point BMC dari bisnis yang gua jalanin.
1. Customers Segment
Bagian ini akan menjelaskan siapa pelanggan potensial dari produk Anda. Bisa juga berisi profil orang yang memiliki masalah yang akan dipecahkan oleh bisnis Anda. Untuk model bisnis ecommerce yang berkembang sekarang ini, customer segment mencakup si penjual barang dan pembeli.
- Target nya disini untuk orang yang akan menikah bisajadi prewed, akad atau acara resepsinya
- Sekolah yang mengadakan BTS (Buku Tahunan Sekolah)
- Foto keluarga
- Foto produk bagi orang-orang yang akan mendirikan sebuah olshop atau mendirikan sebuah usaha baru
- Video Profil bisajadi untuk sebuah usaha ataupun individual
- Dan segala jenis pemotretan
2. Value Proportion
Blok ini berisi tentang nilai tambah yang akan membuat bisnis Anda terlihat menarik dan berbeda dengan bisnis lainnya. Biasanya berupa solusi atau inovasi yang Anda tawarkan dan menjadi keunggulan utama perusahaan.
- Yang pasti hasil berkualitas
- Banyak bonus
- Team masih muda, karena biasanya orang-orang yang berkecimpung di dunia photoghrapher umum nya sudah berumur
3. Channels
Sederhananya, channel adalah media yang bisnis Anda gunakan untuk men-deliver solusi yang kamu tawarkan untuk sampai ke konsumen. Channel ini bisa berupa website, online advertisement, aplikasi, bahkan seorang sales person.
- Menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram
- Memasang banner di beberapa tempat
- dan ada link wa jadi buat yg mau pesen bisa aja langsung klik link di bio atau dm.
4. Customers Relationship
Jika channel lebih banyak menjangkau orang yang belum tahu produk Anda, maka customer relationship adalah kebalikannya. Kamu harus tahu bagaimana cara bisnis Anda bisa terus keep in touch dengan para pelanggan. Bentuknya pun bisa sangat beragam, mulai dari newsletter, layanan after sales, dan sejenisnya.
- Kita selalu aktif Whatsapp
- Dan kita juga selalu memberikan yang terbaik setelah jasa kita di sewa. Maksimal 2 minggu sebelum kita benar-benar lepas dengan client tersebut
5. Revenue Streams
Pada kedua blok bagian bawah (cost & revenue), kamu perlu menjabarkan struktur finansial dari perusahaan. Di bagian revenue, tentu yang perlu kamu tuliskan adalah produk/jasa apa saja yang dapat memberikan pemasukan.
- Dengan orang yang menyewa jasa kiita tentu kita mendapat pemasukan dari situ
6. Key Activities
Blok ini adalah bagian yang menjelaskan bagaimana kamu bisa menciptakan value preposition perusahaan. Jika bisnis kamu adalah product-based, maka inovasi teknologi dalam proses pembuatan produk bisa menjadi key activities.
- ALat, karena semakin bagus alat maka hasilnya semakin bagus
- Latihan
- Latihan
- Latihan, agar skill kita berkembang
7. Key Resource
Sumber daya utama, key resources merupakan kolom yang akan menjelaskan asset strategis perusahaan. Aset ini bisa berupa bahan baku produk, infrastruktur yang dibutuhkan dan semacamnya.
- Skill
- Alat
- Studio foto
- Channel
8. Key Partnership
Tidak ada bisnis besar yang berjalan sendiri, dalam menjalankan sebuah aktivitas bisnis, tentu kita membutuhkan mitra. Disinilah tempat kita memasukkan mitra strategis yang kita miliki. Dalam konteks bisnis, mitra bisa berupa supplier, vendor, agensi, dan sejenisnya.
- Biasanya jasa sewa alat
- Teman yang berkompeten di bidang nya
- Serta tempat sewa studio foto
9. Cost Structures
Pada bagian terakhir ini, kita harus menentukan biaya apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankan keseluruhan aktivitas bisnis. Untuk mempermudah,struktur biaya dapat diisi berdasarkan isian pada kolom key activities, key resources, dan channel.
- Biaya membeli alat atau sewa alat
- Akomodasi
- dan output seperti photo yg harus di print bingkai dan album foto.
Untuk lebih jelasnya kalian bisa tonton video di bawah ini gaes.
Berikut contoh proposal Program Kreativitas Mahasiswa mengenai bisnis gua nih sob, yuk langsung simak aja contoh nya
Jika kalian ingin menjadikan proposal tersebut sebagai sebuah sample atau referensi untuk membuat proposal kalian, kalian bisa mendownload nya pada link di bawah ini :
PROPOSAL PKM-K STILL BETTER PRODUCTION
Nah mungkin cukup sekian penjabaran ide bisnis menggunakan Business Model Canvas (BMC) dari gua. Oke jangan lupa tunggu materi gua minggu depan ya gaes. Tetap jaga kesehatan dan sampai jumpa minggu depan. Semangat Berwirausaha !!! Bye-bye
Tidak ada komentar